Betapa Pentingnya Asuransi Bagi Kita

28 January 2015

Musibah pesawat AirAsia QZ8501 rute Surabaya-Singapura yang jatuh di Selat Karimata jelang akhir tahun 2014 lalu menjadi duka bagi masyarakat. Tetapi tetap ada pelajaran yang bisa diambil bagi kita tentang betapa pentingnya memiliki asuransi.

Menurut anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia, peranan asuransi sangat penting bagi kehidupan manusia. Ini sebagai antisipasi berbagai kejadian yang tidak bisa diprediksi.

“Kita boleh menfaatkan kejadian AirAsia dengan positif tentunya, ini menunjukkan betapa pentingnya asuransi bagi kita,” paparnya saat memberikan sambutan di acara Sosialisasi UU Tentang Perasuransian di Kementerian Keuangan, Jakarta, (19/1/2015).

Indah mendorong masyarakat Indonesia mulai concern terhadap layanan nasabah asuransi. Selama ini, kata dia, industri asuransi di Indonesia masih belum banyak dilirik. Perbankan masih mendominasi instrumen keuangan masyarakat Indonesia saat ini.

Melalui perusahaan asuransi, para ahli waris keluarga korban mendapatkan santunan berupa sejumlah uang yang nilainya mencapai Rp 1,25 miliar per orang. Uang santunan ini cukup meringankan beban keluarga korban di tengah rasa duka yang melanda mereka.

“Sebanyak 80% masyarakat memilih menempatkan dana di perbankan, karena mudah diakses dan mudah melaksanakan transaksi,” ucap dia.

“Padahal asuransi adalah produk pilihan masyarakat dalam bentuk investasi dan proteksi. Masyarakat selama ini mereka hanya tahu perbankan. Kita berharap masyarakat kita investasikan dananya nggak hanya perbankan tapi asuransi sebagai alternatif,” sebutnya.

Industri asuransi harus mudah diakses oleh masyarakat, kata Indah, para petugas perusahaan asuransi harus pro aktif melayani masyarakat.

“Saya menyarankan agar mereka (korban AirAsia) diberi kemudahan saat mereka melakukan klaim, itu yang perlu diperhatikan, OJK melalui kantor Surabaya membuka posko jadi pada saat ingin info maka saat itu petugas bisa langsung melayani,” tutupnya.

Leave a Reply

Asuransi Kesehatan

Asuransi mobil