Apakah Kamu ingin mendapatkan Proposal Asuransi?

Kami akan mempersiapkan Proposal dan Ilustrasi Asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kamu

Request Proposal

ASURANSI JIWA

asuransi-jiwa

Pengertian

Asuransi jiwa adalah asuransi yang bertujuan menanggung orang terhadap kerugian finansial tak terduga yang disebabkan karena meninggalnya terlalu cepat atau hidupnya terlalu lama. Hal ini sudah barang tentu akan membawa banyak aspek, apabila risiko yang terdapat pada diri seseorang tidak diasuransikan kepada perusahaan asuransi jiwa. Umpamanya jaminan untuk keturunan, seorang bapak kalau meninggal dunia sebelum waktunya atau dengan tiba-tiba, si anak tidak akan terlantar dalam hidupnya.

Jadi Asuransi jiwa adalah program perlindungan dalam bentuk pengalihan resiko ekonomis atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan. Di sini terlukis bahwa dalam asuransi jiwa, risiko yang dihadapi adalah:

  1. Risiko kematian
  2. Hidup seseorang terlalu lama

Jika dianalogikan, asuransi jiwa sering diandaikan sebagai payung di rumah anda, pelampung di kapal atau pesawat udara. Sangat dibutuhkan karena berguna pada saat tertentu tetapi seringkali tidak terpikirkan ketika keadaan aman. Jadi asuransi jiwa sangat dapat diandalkan terutama pada saat situasi yang tidak diinginkan terjadi.

Tujuan

Asuransi jiwa perlu kita miliki dengan tujuan agar kebutuhan ekonomi tidak terganggu akibat terjadinya resiko terhadap pencari nafkah selama masa- masa produktif; atau untuk persiapan hari tua yang bahagia dan sejahtera.

Asuransi jiwa merupakan suatu kontrak perlindungan yang disajikan dalam bentuk tertulis yang disebut polis. Polis berisi kontrak antara perusahaan asuransi jiwa dan pemegang polis dimana perusahaan Asuransi mempunyai kewajiban untuk memberikan sejumlah uang yang telah ditentukan kepada yang ditunjuk (biasanya ahli waris) jika terjadi kematian, atau tetap hidupnya tertanggung pada akhir masa kontrak. (Sesuai masa pertanggungan). Sebagai imbalan atas pengalihan resiko tersebut pemegang polis mempunyai kewajiban kepada perusahaan asuransi, yang disebut dengan pembayaran premi.

Asuransi Jiwa terbagi atas 4, yaitu

  1. Asuransi Berjangka (Term Life)
  2. Asuransi Seumur Hidup (Whole Life)
  3. Asuransi Dwi Guna (Endowment)
  4. Asuransi Unit Link

Asuransi nomor 1 – 3 termasuk asuransi jiwa tradisional, sedangkan Asuransi Unit Link  terbentuk setelahnya. Penjelasan untuk pembagian Asuransi dapat diklik di masing-masing bagian.

Apakah Kamu ingin membandingkan Produk Asuransi?

Bandingkan produk asuransi yang ada untuk mendapatkan pilihan yang terbaik.

Bandingkan sekarang

Asuransi Kesehatan

Asuransi mobil