Jenis dan Tipe Asuransi yang Beredar

20 September 2017

Istilah kata asuransi biasanya secara keseluruhan merujuk kepada suatu alat atau instrumen yang digunakan untuk mengurangi dan juga mengalihkan risiko yang melekat kepada aset atau barang atau harta benda atau bahkan diri seseorang. Kerugian diantisipasi dengan cara membagi risiko yang ada kepada beberapa pihak yang mencakup pihak perusahaan asuransi yang menerima premi sebagai imbalan atas jasanya dalam pengalihan risiko. Kalau sampai risiko yang ditakutkan tersebut terjadi, maka pihak perusahaan asuransi harus membayar ganti rugi sejumlah uang yang telah disetujui dengan pihak tertanggung sebelumnya.

 

Jenis Asuransi yang Banyak Beredar di Indonesia

Saat ini, sudah banyak sekali jenis asuransi yang beredar dimana-mana karena orang sudah menyadari pentingnya berpikir kedepan dan merencanakan antisipasi terhadap kerugian ataupun risiko yang mungkin terjadi sehingga mengancam hilangnya nilai harta benda atau mungkin bahkan sampai mengancam kelangsungan hidup manusia. Saat ini ada beberapa jenis asuransi yang paling populer dan diminati di kalangan masyarakat:

  • Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa lebih diutamakan untuk menjaga kelangsungan hidup orang yang ditunjuk oleh tertanggung kalau sampai terjadi sesuatu yang mengakibatkan kematian tertanggung itu sendiri. Biasanya asuransi jiwa diberikan oleh seorang ayah kepada keturunannya, sehingga kalaupun sang ayah tiba-tiba meninggal dan tidak ada orang yang cukup umur untuk bekerja di keluarganya, pihak asuransi akan membayar ganti rugi atas jiwa sang ayah. Uangnya kemudian bisa digunakan untuk kelangsungan hidup sehari-hari orang yang ditunjuk oleh tertanggung.

Asuransi kesehatan merupakan jenis asuransi yang memang diperuntukkan khusus untuk menjamin pembiayaan atas masalah kesehatan yang mungkin menimpa tertanggung. Pihak asuransi akan membayarkan ganti rugi yang biasa digunakan sebagai pembayaran kepada pihak rumah sakit yang bertugas menyembuhkan penyakit atau cedera pihak tertanggung.

  • Asuransi kepemilikan

Asuransi kepemilikan bisa dibagi ke dalam beberapa jenis, termasuk diantaranya asuransi kendaraan bermotor dan asuransi kepemilikan rumah atau properti.

 

Masih banyak asuransi lain yang digunakan sebagai alat untuk mengantisipasi kerugian yang mungkin terjadi di masa depan sehingga mengancam kelangsungan hidup manusia. Dengan dijamin asuransi, orang bisa lebih tenang dan tidak perlu terlalu takut akan terjadinya kemalangan yang fatal.

Asuransi Kesehatan

Asuransi mobil