Pilih Tabungan Pendidikan atau Asuransi Pendidikan?

03 October 2017

Merencanakan masa depan anak, memang harus pintar-pintar, karena menyangkut bagaimana dan menjadi apa anak Anda nantinya. Sekarang banyak produkyang ditawarkan guna membantu Anda membuat rencana yang matang. Untuk memilih yang terbaik, alangkah bijak jika Anda terlebih dahulu memahami kelebihan dan kekurangan tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan tersebut. Jadi, ketika Anda memutuskan produk mana yang dipilih, Anda sudah mengerti apa yang akan Anda lakukan dan manfaat apa yang akan Anda dapatkan nanti, khususnya untuk anak tercinta.

Tabungan dan Asuransi Pendidikan Jamin Dana Simpanan?

Anda pasti maunya dana yang Anda keluarkan, untuk mempersiapkan pendidikan anak jelas terjamin. Jika memilih produk Tabungan Pendidikan, terutama pada Bank yang dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) maka sudah pasti dana yang Anda setor terjamin hingga jatuh tempo digunakan, meskipun Bank tersebut collapse.

Lain halnya dengan asuransi pendidikan, terutama yang berdiri sendiri tanpa unit-link(kerjasama dengan Bank), dana Anda akan mengalami fluktuasi, bisa jadi berkurang atau naik jumlahnya sesuai gejolak pasar modal lho. Terjaminnya dana juga bisa dilihat dari segi keuntungan yang dihasilkan dari produk yang Anda pilih. Kalau tabungan pendidikan, bunganya tetap dari awal hingga saat jatuh tempo, sehingga Anda sudah mengetahui secara gamblang berapa jumlah uang yang akan diterima. Tapi, pada asuransikeuntungan dari bunga investasi bisa berlipat dari tabungan pendidikan, dan sangat fluktuatif.

Karena mengutamakan penyimpanan uang, pada tabungan pendidikan, proteksi yang diberikan seperti asuransi jiwa dan asuransi kesehatan sangat terbatas. Hal ini karena biaya premi gratis bagi nasabah, aliasĀ  premi dibayar oleh pihak bank, dan layanan asuransi hanya merupakan layanan tambahan. Jadi, Anda tak bisa bergantung pada asuransi yang melekat pada tabungan pendidikan Anda.

Beda dengan asuransi pendidikan, proteksi penuh merupakan layanan utama. Baik bagi pemegang polis, dimana Anak akan dilindungi asuransi kesehatannya selama terdaftar pada asuransi pendidikan. Begitu pula tertanggung yaitu Anda, dimana saat Anda sakit, atau meninggal akan ada biaya yang akan dibayarkan oleh pihak asuransi untuk Anak Anda. Sehingga selain bisa berinvestasi, kesehatan nasabah juga terjamin.

Tentukan Tabungan atau Asuransi Pendidikan Sesuai Kebutuhan

Dari penjabaran di atas terlihat bahwa, kedua produk keuangan diatas sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan, tinggal Anda menentukan produk yang akan dipilih. Cara memilihnya yaitu disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin menabung untuk biaya pendidikan anak Anda, tentu tabungan pendidikan jawabannya, sebab sudah jelas berapa yang akan Anda terima saat jatuh tempo.

Jika Anda ingin menabung sekaligus berinvestasi untuk masa depan anak Anda, asuransi pendidikan merupakan jawaban yang tepat. Karena selain kebutuhan dana pendidikan anak terpenuhi, Anda juga bisa mengelola keuangan untuk anak Anda, jika seandainya Anda sakit atau meninggal dunia, karena seolah-olah Anda masih membiayai mereka sampai selesai di jenjang perguruan tinggi.

Nah, sudah tahu solusi yang terbaik untuk masa depan anak Anda bukan?memang harus ekstra keras memilihnya, namun manfaat yang didapatĀ  dari asuransi pendidikan ini akan membuat Anda lega kok. Silahkan mulai sisihkan dana Anda sekarang juga, karena semakin besar dana Anda, semakin besar manfaat yang akan Anda terima dari pilihan Anda lho. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan keluarga terkasih.

Asuransi Kesehatan

Asuransi mobil